Minggu, 05 Oktober 2014

MELIHAT SENYUM “TINEM” SATWA KBS DI LEMBAGA KONSERVASI LEMBAH HIJAU, BANDAR LAMPUNG


Masyarakat kita pasti masih ingat tentang berita satwa di Kebun Binatang Surabaya (KBS) beberapa bulan yang lalu tepatnya antara Maret sampai April 2014. Berita itu diangkat oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang mempermasalahkan pemindahan satwa dari KBS ke beberapa lembaga konservasi di Indonesia termasuk Lembah Hijau, Lampung. Berita itu dengan cepat mendapat perhatian dari berbagai kalangan utamanya media masa yang terus menerus memberitakannya.

Terlepas dari apa tujuan yang hendak dicapai dengan mempermasalahkan penitipan satwa tersebut, satwa dari KBS itu kini telah menetap nyaman di tempatnya yang baru di beberapa lembaga konservasi salah satunya Lembaga Konservasi Lembah Hijau, Lampung. Pemindahan satwa dari KBS dikarenakan adanya over populasi sehingga diperlukan pengurangan untuk menjaga keseimbangan populasi dan memudahkan penanganan. Pemindahannya ke Lembah Hijau, Lampung sudah prosedural sebab dilengkapi dengan beberapa data dan dokumen pendukung yaitu berita acara pemeriksaan teknis kandang yang merupakan sarana prasarana kandang yang harus dipersiapkan oleh pihak penerima, rekomendasi kepala Balai KSDA Lampung, persetujuan menteri, dokumen pengangkutan (SATS DN) dan BA serah terima.
Satwa dari KBS yang ditipkan di Lembah Hijau, Lampung yaitu :
1.
Kambing Gunung (Ammotragus lervia)
4 ekor
2.
Rusa Bawean (Axis kuhlii)
3 ekor
3.
Kangguru Tanah (Wallabia agillis)
2 ekor
4.
Banteng (Bos javanicus)
2 ekor
5.
Orang Utan (Pongo pygmaeus)
2 ekor
6.
Kijang (Muntiacus muntjak)
3 ekor
7.
Sitatungga (Tragelaphus spekei)
3 ekor
8.
Babi Rusa (Babyrousa babyrussa)
2 ekor
9.
Pelican (Pelicanus conspicillatus)
10 ekor
10.
Ibis Putih Kepala Hitam (Threkiomis melanocephalus)
4 ekor
11.
Pecuk Padi Hitam (Phalacrocorax sulcirostris)
4 ekor

Jumlah :
39 ekor

Satwa-satwa tersebut di Lembah Hijau mendapatkan fasilitas yang memadai, kandang buatan yang nyaman, aman dan luas, makan minum cukup dan segarnya udara Lampung menambah lebarnya senyum alami yang terpancar dari setiap satwa KBS yang kini menjadi penghuni tetap di taman satwa lembah hijau pertanda bahwa kondisi satwa dalam keadaan sehat-sehat dan yang paling happy adalah “TINEM” nama orang utan betina yang selalu senyum seolah menyapa kepada siapa saja pengunjung yang datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi informasi untuk konservasi